Membuat koneksi PHP dengan database MySQL

Selamat malam semua. Lama saya tidak posting di blog ini. Ya karena banyak faktor dan sebab sih. Hehe sekarang saya sedikit mahir dalam urusan program. Sesuai judul, saya saat ini masih seorang pelajar yang menggeluti dunia programming. RPL dituntut agar bisa menciptakan sebuah aplikasi yang menarik dan berguna bagi orang lain. Entah menggunakan pemrograman apa, yang terpenting RPL menciptakan generasi muda yang pandai dalam urusan koding/skrip. Yow saya saat ini membahas pemrograman PHP. PHP tergolong dalam pemrograman web, kalau bicara soal web pasti terkait dengan namanya browser maupun text editor buat koding. Langsung capcus saja ya.
Untuk membuat koneksi PHP ke database MySQL gunakan skrip berikut. Koneksi dibuat agar PHP bisa menyimpan sebuah data pada database yang kalian buat. So lihat dan pahami betul. Ini anti copas guys :)


Skripnya :
<?php
$server = 'localhost'; //nama server yg digunakan
$usr = 'root'; //sesuaikan sendiri jika sudah diganti, tapi penamaan root itu sudah bawaan
$pwd = ''; //karena password MySQL saya kosong
mysql_connect($server, $usr, $pwd) or die(mysql_error); //mengkoneksikan ke database
$db = "anamcoollzz"; //nama database kalian
mysql_select_db($db) or die("Database tidak ada"); //memilih database
?>

Nah itu skripnya. Tinggal kalian pakai saja. Cara menggunakannya mudah, tinggal kalian copas ke bagian skrip paling atas pada file kalian, atau buat file php baru lalu simpan dengan nama koneksi.php, lalu inkludkan saja. Semisal begini.

Skripnya :
<?php
include"db/koneksi.php";//db adalah nama folder
?>
<html>
<head></head>
<body></body>
</html>

Dasarnya hanya begitu saja sih. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di lain waktu :)
Membuat koneksi PHP dengan database MySQL Membuat koneksi PHP dengan database MySQL Reviewed by Unknown on 22:09:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.